“Gelar Budaya Jogja 2015” Pagelaran Keraton Yogyakarta

Jogjatoday

Gelar Budaya Jogja 2015 yang dilaksanakan tanggal 28-29 Juli 2015 di pagelaran Keraton Yogyakarta, Menampilkan pentas tari klasik dari ragam seni gaya Surakarta, Ngayokyakarta, Paku Alaman dan Mangkunegaran. Selain para tamu undangan dan pejabat tinggi daerah yogyakarta yang datang , acara tersebut juga menarik perhatian wisatawan asing yang sedang berlibur di kota Jogja.

Dalam acara Gelar Budaya Jogja pada selasa malam (28/7), Secara khusus Sri Sultan Hamengku Buwono X datang untuk membuka acara yang ditandai dengan pemukulan “kenong” (alat musik karawitan). Dalam sambutanya beliau mengatakan, “bagi para pelaku seni agar dapat menyeimbangkan antara yang sakral dan hiburan dalam pengembangan senitari klasik, karena sesuatu yang “adiluhung” harus dapat menciptakan dimensi yang “Hamemayu-hayuning jalma” / Meningkatkan kesadaran tentang makna dan martabat hidup manusia, “Hamemayu-hayuning praja” / Meningkatkan arti kehidupan bermasyarakat dan bernegara, dan “Hamemayu-hayuning bawana” / Meningkatkan makna tata kehidupan dunia yang lebih harmonis.

Pengembangan senitari klasik tidak dimaksudkan untuk mengubah unsur dan nialai-nilai demi selera zaman, bukan senitari klasik yang dikorbankan demi penontonya, tetapi penontonlah yang harus diedukasi untuk belajar mengkhayatinya karena senitari klasik itu selain tontonan juga tuntunan.

Pada kesempatan malam itu juga Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DIY, Drs. Umar Priyono M.Pd dalam sambutannya berharap seni budaya ini dapat berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat luas pada umumnya.

[gilang braja/Jogjatoday]

All photo by Gilang Braja for jogjatoday.com

You may also like...