Pasar Keroncong Kotagede 2018

Bersatu Kita Keroncong di Pasar Keroncong Kotagede 2018

Pasar Keroncong Kotagede 2018
Jumpa media Pasar Keroncong Kotagede 2018 di Pendopo Nde Luweh (13/12/18)

Jogjatoday – Pasar Keroncong Kotagede (PKK) 2018 akan kembali digelar pada tanggal 15 Desember 2018, Sabtu mendatang di seputaran Pasar Kotagede. Ditahun ke empat ini PKK 2018 akan menghadirkan master keroncong Subarjo HS yang akan berkolaborasi dengan anak-anak SD Muhammadiyah Kleco. Dalam acara jumpa media Ketua Pasar Keroncong Kotagede 2018 di Pendopo Nde Luweh (13/12), Natsir Dabey mengatakan, “Pelaksanaan PKK 2018 kali ini bertepatan dengan situasi politik yang sedang menghangat sehingga panitia harus berhati-hati dalam menentukan taglinenya karena ditakutkan akan terlihat seperti condong dalam satu kubu Pilpres”. Dan akhirnya diputuskan menggunakan tagline “Bersatu Kita Keroncong” dengan harapan PKK 2018 dapat memberikan dampak yang positif dan manfaat untuk kebersamaan dan bersatu tanpa ada permusuhan.
Sebagai sebuah upaya pelestarian yang berkelanjutan Pasar Keroncong Kotagede diharapkan menjadi sebuah ajang bersosialisasi saling bertemunya pelaku dan penikmat keroncong. Selain itu harapannya adalah even PKK ini dapat menjadi pintu bagi masyarakat luas untuk mengenal lagi Kotagede sebagai kota yang menyimpan berjuta cerita berkehidupan masyarakat yang khas, baik sejarah maupun masa kini, karena menjadi kawasan heritage budaya sebagai peninggalan pusat peradaban masa Kerajaan Mataram.
Pasar Keroncong Kotagede akan dimulai pukul 19.00 WIB di Panggung Loring Pasar dengan ceremony pembukaan dan kemudian menampilkan Orkes Keroncong secara serempak di 3 panggung. Penonton diberi keleluasaan untuk memilih aliran maupun Orkes Keroncong yang ditampilkan.
Pasar Keroncong Kotagede 2018 kali ini akan di meriahkan dengan penampilan beberapa musisi, penyanyi keroncong, dan kelompok keroncong. diantaranya Kos Atos (Malang), Orkes Pecas Ndahe (Solo), SD Muhammadiyah Kleco feat Subarjo HS, Kroncong Agawe Santosa, OK Dewa Dewi, OK Kidung Etnosia, Violet Keroncong (UNY), OK Sorlem, OK Sinar Nada, OK Jenak Semanak, OK Depasko, OK Pelipur Lara, dan Komunitas Keroncong Nusantara.
Pasar Keroncong Kotagede tahun ini akan dilaksanakan di tiga tempat yaitu di Panggung Loring pasar yang terletak di utara Pasar Kotagede, Panggung Sopingen yang berada di depan Pendopo Sopingen, dan Panggung Kajengan di utara Masjid Perak. Selain itu disediakan areal kuliner jajanan tradisional selama acara berlangsung di wetan Omah Kanthil,
Untuk menikmati acara Pasar Keroncong Kotagede tersebut tidak dipungut biaya alias gratis. Selamat menikmati sajian orkes keroncong dengan suasana kampung Kotagede.