Today Arts, Future Culture

Mendikbud Muhajir Effendi-jogjatoday-rovitavare

Sleman_ “Today Arts, Future Culture”, demikian tema Festival Seni Internasional 2016 di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (P4TKSB) Yogyakarta. Festival dua tahunan ini kembali digelar 21-25 November 2016.

Kegiatan yang telah dimulai sejak 2006 in dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajir Effendi bersama Bupati Sleman Sri Purnomo di Halaman P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta Senin (21/11/2016).

Menurut Muhajir Effendi, selama ini sisi kesenian sering dilupakan oleh pemegang kebijakan yang ternyata memiliki kegunaan besar bagi keseimbangan kognisi generasi bangsa.

“Pemerintah sangat mengapresiasi FSI 2016 ini dan semoga bisa memberikan makna tersendiri bagi generasi selanjutnya di Indonesia. Kami berharap pendidikan semakin menjangkau berbagai sisi kehidupan baik otak kanan maupun otak kiri, di mana salah satunya melalui seni,” ungkapnya.

Sementara Ketua Umum Panitia FSI 2016 Sigit Purnomo menjelaskan tentang tema “Today Arts, Future Culture” dimaksudkan agar seni-seni yang ditampilkan harus mencerminkan karakter budaya bangsa atau memiliki nilai-nilai imajinatif futuristik. Bisa mengkombinasikan antara budaya Indonesia dan ilmu.

Teks dan Foto: rovitavare