The Interrupted Dream Series : Didik Ninik Towok Berkolaborasi dengan Seniman 6 Negara

The Interrupted Dream karya Danny Yung di pentaskan di Concert Hall ISI Yogyakarta

Jogjatoday – Masih dalam rangka Dies Natalis ISI Yogyakarta ke 32 atau Lustrum ke 7 ISI Yogyakarta. Kampus ISI Yogyakarta memberikan ruang untuk Pertunjukan Kolaborasi Internasional dari 7 Negara. Bertempat di Concert Hall ISI Yogyakarta pertunjukan tersebut menampilkan pentas opera yang diangkat dari Cina. Pertunjukan itu dipentaskan selama dua hari yaitu hari jumat kemaren dan Sabtu ini, tanggal 16 November 2019.

Seniman Didik Nini Thowok bersama Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta dan Institut Seni Indonesia (ISI) menggelar pertunjukan ‘International Collaboration’ yang berjudul ‘In Search Of Dream’. Pertunjukan ini dilakukan sebagai upaya pertukaran budaya antara Indonesia dan Tiongkok, Menurutnya, ‘Journey to a Dream’ sendiri sudah digelar di berbagai negara seperti Tiongkok, Hongkong, Taiwan, Singapura, dan Jepang.

Selain Didik, seniman yang terlibat di ‘International Collaboration’ adalah Makoto Matsushima dari Tokyo, Jepang; Nget Rady (Phnom Penh, Kamboja), Soultari Amin Farid dan Sabrina SNG (Singapura), Nattapon Wannaun/Guide (Bangkok, Thailand), Kong Chun Kit/Jason kong (Hongkong), dan Chao Hsin (Taiwan).

Karya Kolaborasi ini bercerita tentang catatan bersejarah yang rusak di sebuah museum. Danny Yung seorang pelopor praktik teater eksperimental lintas budaya, membayangkan bangkitnya kembali Chinoiserie di Istana Versailles pada abad ke 17 melalu pengaturan sebuah museum. Pertunjukan ini memperkenalkan pada realitas penuh nafsu dari The Interrupted Dream, yang mencerminkan daerah Timur dan Barat juga berinteraksi satu sama lain.

The Interrupted Dream di konsep oleh seniman Asia dari latar belakang seni pertunjukan yang berbeda. Didik Nini Towok beberapa waktu lalu menerjemahkan Shan Po Yang ke dalam bahasa Indonesia, sebuah lagu dari tokoh utama wanita Du Liniang dari The Interrupted Dream yang merupakan salah satu kutipan paling terkenal di Paviliun Peony.

Saduran tersebut menjadi adegan pembuka dari The Interrupted Dream karya Danny Yung yang di pentaskan di Concert Hall ISI Yogyakarta kemaren. Pementasan ‘In Search of Dream’ selama 1,5 jam merupakan durasi yang cukup lama untuk sebuah pertunjukan, namun tidak membuat penonton segera beranjak dari kursi mereka bahkan hampir semua penonton menyaksikan sampai selesai pertunjukan itu.

You may also like...