Seluruh Bregada Kraton Yogyakarta Kawal Gunungan Garebeg Maulud Tahun 2019

Jogjatoday – Sebagian masyarakat, belum mengetahui bahwa Gunungan Garebeg , setiap tahunnya dikawal oleh 12 (dua belas) bregada, terdiri dari 10 (sepuluh) bregada dari Kraton Yogyakarta, yakni Wirobrojo, Daheng, Patangpuluh, Prawirotomo, Jogokaryo, Nyutro, Ketanggung, Mantrijero, Bugis dan Surokarso serta 2 (dua) bregada dari Puro Pakualaman, yakni Plangkir dan Lombok Abang. Semua bregada tersebut mengikuti Upacara Persiapan Garebeg Maulud di halaman Pracimosono (sebelah barat Kraton), yang dipimpin Pandego atau Komandan Upacara. Demikian disampaikan oleh Alby S, Pemandu Wisata Kraton Yogyakarta, kepada Jogjatoday.Com

Upacara dimulai dengan diberangkatkannya beberapa prajurit perwakilan bregada, untuk mengambil dwaja (bendera) masing-masing bregada di Kraton. Selanjutnya Pandego menerima laporan kesiapan dari masing-masing bregada dari Kapten atau pimpinan bregada. Setelah pembawa dwaja tiba di tempat Upacara , dilakukan penghormatan dwaja, oleh peserta Upacara. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan bregada peserta Upacara oleh Manggala Yudha, KGPH. Drs. Yudhoningrat, MM. Selanjutnya bregada diberangkatkan untuk menuju Bangsal Ponconiti Kraton, melewati Magangan, untuk mengambil gunungan.

Alby S menambahkan bahwa tidak semua bregada masuk ke Kraton. Ada 8 (delapan) bregada yang masuk ke Kraton, yakni Wirobrojo, Patangpuluh, Prawirotomo, Jogokaryo, Nyutro, Ketanggung, Mantrijero, Surokarso. Sedang 4 (empat) bregada lainnya, yakni Daheng, Bugis, Plangkir dan Lombok Abang Pakualaman, menunggu di halaman Keben.

Garebeg Maulud tahun ini, Kraton Yogyakarta membagikan 5 (lima) buah gunungan. Kemudian 3 (tiga) buah gunungan dibawa ke Masjid Gedhe, untuk dibagikan masyarakat, Sedang 2 (dua) buah gunungan dibagikan kepada masyarakat di kantor Gubernur, Kepatihan dan Puro Pakualaman. (NNW)

You may also like...