Revitalisasi Tari Klasik Gaya Yogyakarta #2 HUT 54 YPBSM

_DSC0303-2

Jogjatoday – Suara Gamelan mengalun indah, mengiringi para penari yang sedang menari di Taman Budaya Yogyakarta, Selasa malam (30/8) kemaren. Murid-murid Yayasan Pamulang Beksa Sasminta Mardawa atau di singkat YPBSM mengadakan pentas tari untuk memperingati almarhum KRT Sasmita Dipura atau yang sering di sebut Romo Sas yang tidak lain adalah seorang maestro tari klasik gaya yogyakarta yang mendirikan YPBSM tersebut.
Siti Sutiyah Sasminta Dipura, istri dari almarhum Romo Sas mengatakan bahwa pementasan kali ini merupakan salah satu wujud tanggung jawab YPBSM dalam memelihara, melestarikan dan mengembangkan tari klasik gaya yogyakarta. Upaya menampilkan karya murid-murid Romo Sas merupakan salah satu usaha YPBSM menyambungkan benang sutera yang sudah di rajut oleh Romo Sas dalam berkesenian dan di teruskan kepada murid-murid YPBSM sebagai generasi penerus dengan tanpa kehilangan akarnya.
Dalam acara Ulang Tahun yang ke 54 YPBSM tahun ini juga sekaligus memperingati 20 tahun wafatnya Romo Sas, YPBSM mengadakan pementasan tari dan Fragmen yang di beri judul “Revitalisasi Tari Klasik Gaya Yogyakarta #2″. Acara ini di awali dengan tari Golek Ayun-ayun yang di tarikan oleh murid-murid YPBSM yaitu Erina, Savina, Tata, Risna Dan Elga. Tarian ini menggambarkan seorang gadis remaja yang tengan beranjak dewasa dan senang mempercantik dirinya sendiri. Setelah beberapa menit kemudian di sambung dengan Tari Yoga Nuraga yang menceritakan wujud kesiapan seorang anak laki-laki dalam membekali diri. Belajar tak lupa bermain dan bermain tak lupa belajar, karena kubangan wawasan samudra ilmu adalah bekal yang kekal. Tarian ini di tarikan oleh Awang, syafiq, radhit, abror, dan vano.
Tarian berikutnya adalah Topeng Ngelana, Bedaya Awalokiteswara dan di tutup dengan Fragmen Menak”Kelaswara Palakrama”.
Dalam acara ini YPBSM juga memberikan Sasminta Mardawa Award 2016 kepada Bapak Sal Murgiyanto seorang seniman tari yang handal, penulis, pemerhati seni dan juga seorang guru besar dibidang seni yang mengajar di Universitas dalam negeri dan luar negeri.

[naskah: Einstenia /Jogjatoday]

photo by Yudhi kusvianto for jogjatoday.com

You may also like...