Perhelatan Perdana Jogja Fashion Festival 2019

Jogja Fashion Festival 2019

Penampilan karya Nonita Respati “PURANA” di Jogja Fashion Festival 2019 di hari pertama

Jogjatoday – Perhelatan Jogja Fashion Festival 2019 ( JFF 2019) sudah mulai digelar. Jumat, 08 Maret 2019 kemaren. Perhelatan JFF 2019 ini merupakan rangkaian besar event 13th anniversary yang telah jatuh pada tanggal 5 maret 2019 lalu. Sebagai signature event yang paling dinantikan setiap tahunnya, pada tahun ketujuh kali ini, JFF 2019 menampilkan lebih dari 600 outfit yang terbagi dalam 6 sesi berbeda selama 3 hari. yakni 8 – 10 Maret 2019. Pada hari pertama pelaksanaan JFF 2019 kali in, terdapat total 24 desainer yang akan menampilakan karya busananya yang terbagi dalam 2 sesi yang berbeda yakni Pattern & Fabric pukul 15.30 dan Etnic Wear pukul 18.30.

Sebagai Guest desainer Nonita Respati dengan Brand “PURANA” menghadirkan songket potong-potongan dalam element fashion yang etnic modern seperti outerwear dan jumpsuit. Songket Palembang yang dipilih oleh Nonita sebagai elemen-elemen desain bajunya. Tetapi bukan songket secara aslinya namun songket yang di cetak agar tampilan lebih modern. Bahkan untuk desain “Purana” kali ini ada beberapa desain baju yang sangat menarik yaitu baju hybrid. Baju Hybrid adalah baju yang bisa di pake dengan 2 -3 cara yang berbeda. Dalam tanya jawab dengan desainer Nonita menjelaskan untuk persiapan Jogja Fashion Festival 2019 ini kurang lebih 2 bulan saja. “Pertama kalinya mengolah motif songket sehingga membutuhkan waktu lebih untuk berpikir ekstra bagaimana cara mengolah songket menjadi tampilan yang modern, edgy, namun tetap wearable, ” tambahnya.

Desainer kelahiran solo ini mulai mengeluti fashion dengan bekerja secara full-time sebagai editor fashion, dan paruh waktu sebagai tim kreatif di sebuah media cetak. Lalu memutuskan keluar karena dorongan untuk mempelajari desain semakin kuat dan akhirnya membuat brand sendiri di tahun 2008 dengan nama “PURANA”. Selain desainer dia juga seorang usahawan yang membuka Yats Colony dan Kaloka Pottery. Bahkan jika pernah mengunjungi Yats Colony kamu bisa melihat karya-karya fashion dari Nonita.

Selain dari desainer tamu Nonita Respati terdapat desainer-desainer seperti Sugeng Waskito, Anis Saskia, Rani Prasojo, Dewi Ranaya, Melinda Angelica, Heriyenti, Ariesanthi dan masih banyak yang lain. Bahkan untuk show sore ada Desainer Tamu dari Jakarta Defrico Audi. Mereka semua menampilkan karya-karya yang indah dan etnik karena padupadannya desain-desain baju mereka dengan kain songket. Hal ini juga merupakan upaya para desainer untuk melestarikan keindahan wastra nusantara.

Perhelatan Jogja Fashion Festival 2019 ( JFF 2019) ini akan berlangsung selama 3 hari dimulai tanggal 8 Maret 2019 kemaren. Bertempat di Main Atrium Plaza Ambarrukmo dengan tema besar “Unbeatable”. Pengunjung akan dimanjakan dengan parade fashion show dengan busana ready to wear dari olahan fabric dan busana etnik karya dari desainer maupun tenant. Bagi penggemar berat Via Vallen jangan sampai terlewatkan acara ini karena Via vallen bakal hadir menjadi bintang tamu pada perhelatan JFF 2019 malam ini jam 20.30.

You may also like...