Pelaksanaan FKY 2020 di Tatanan New Normal Dengan Tema MULANIRA2

Jogjatoday – #MULANIRA2 merupakan tema besar Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2020 ini. #MULANIRA2 menjadi lanjutan tema FKY 2019 #MULANIRA, kata yang diambil dari bahasa Jawa kuno yang berarti wiwitan atau pada mulanya ini selaras dengan tujuan FKY untuk mengenalkan beragam kebudayaan di Yogyakarta.

Untuk Pelaksanaan FKY 2020 kali ini bersamaan dengan merebaknya wabah COVID-19 di Dunia. Sebuah tatanan New Normal atau tatanan baru yang mengutamakan Social distancing inilah yang membuat tantangan baru bagi panitia FKY. Hal itu juga yang menjadikan tema MULANIRA2 dipilih, “kata Paksi Raras Alit selaku Direktur Utama FKY 2020 disela-sela acara temu media siang tadi Senin, 07/09/2020. di kantor Dinas Kebudayaan Yogyakarta jalan Cendana.

FKY 2020 kali ini dituntut harus membaca situasi dan kondisi serta tantangan adaptasi ruang hidup dalam situasi pageblug. Festival FKY 2020 yang sebelumnya digelar secara leluasa dalam mengundang kerumunan kini harus diselenggarakan dengan format yang berbeda. Semua pertunjukan dan pameran disajikan dengan konsep daring melalui website www.fkymulanira.com dan luring dengan menghadirkan program melalui televisi dan radio.

Perbedaan yang sangat signifikan dari tahun-tahun sebelumnya adalah tampat utama penyelenggaraan FKY yang biasanya di tempat strategis tapi kali ini berpindah ke website atau server online. Semua kegiatan baik itu di Youtube, Radio, bahkan kegiatan offline akan di share dan ditampilkan di halaman website www.fkymulanira.com. Meskipun secara garis besar akan digelar dengan konsep daring dan luring, khusus untuk Pameran Seni Rupa akan tetap dihadirkan secara langsung dengan batasan kunjungan dan protokol kesehatan,” jelas Direktur Utama FKY Paksi Raras Alit.

Selain itu pemangkasan waktu dalam penyelenggaraan FKY secara keseluruhan, yang biasanya 30 hari untuk FKY kali ini hanya 6 hari mulai tanggal 21 sd 26 September 2020.

Judul “Akar Hening di Tengah Bising” di FKY 2020 dimaknai sebagai pengingat, bahwa se-riuh apapun kondisi yang harus kita jalani seperti situasi pandemi seperti sekarang, kita tetap memiliki ruang dalam mengupayakan produksi pengetahuan, memperlebar celah-celah ruang yang menghidupi kekuatan bertahan warga dan mempertajam daya baca kita.

“Akar yang bergerak hening seperti kita dalam diam namun tetap melakukan sesuatu yang menakjubkan di tengah situasi kondisi bising saat ini. Mengusung semangat yang sama di tengah pandemi Covid-19 ini FKY harus tetap terselenggara seperti layaknya sebuah festival dengan mengikuti protokol kesehatan dan pemanfaatan teknologi digital,” papar Paksi. Menurut Paksi, transformasi FKY ke panggung virtual ini mempunyai tantangan tersendiri baginya. Ia menilai tak semua kegiatan seni dan budaya bisa dinikmati ketika medianya berganti.

“Contohnya pameran seni, pameran itu dinilai kehilangan rasa jika disajikan melalui virtual. Pengunjung pameran terbiasa menikmati secara detail karya-karya di pameran, untuk itu pameran seni rupa tetap dihadirkan secara langsung,” tutur Paksi.

Pengunjung dapat menikmati pameran ini melalui dua metode kunjungan, yaitu kunjungan virtual melalui website www.fkymulanira.com dan kunjungan langsung di Kompleks Museum Sonobudoyo pada 21 – 26 September 2020 pukul 10.00-18.00 WIB. Akan diberlakukan aturan selama kunjungan langsung ke pameran, seperti pemeriksaan suhu tubuh,
pengaturan jarak orang, durasi lama kunjungan, dan jumlah pengunjung. Ada pembatasan kunjungan, yaitu 30 orang per sesi dan harus melakukan registrasi terlebih dahulu, serta diwajibkan mengenakan masker. Selain digelar secara daring melalui www.fkymulanira.com, FKY juga dapat dinikmati lewat Televisi dan Radio.

Selain pameran seni, FKY 2020 juga mengadakan kompetisi seni dengan hadiah total puluhan juta rupiah untuk kalian yang suka berkreasi! Program Kompetisi Mulanira meliputi 5 bidang kompetisi yaitu Tari Kreasi Mulanira, Mulanira Photo Challenge, Kompetisi Cerpen Mulanira, Dhagelan Basa Jawa, dan Hand Lettering Aksara Jawa. Periode Kompetisi Tari, Dhagelan, Hand lettering & Cerpen yaitu 25 Agustus – 23 September 2020, sedangkan periode untuk Photo Challenge adalah 7 – 26 September 2020 pukul 23.59 WIB. Pendaftaran kompetisi tidak dipungut biaya. Untuk formulir pendaftaran serta syarat dan ketentuan bisa kalian unduh di laman web www.fkymulanira.com/kompetisi.

Informasi terkait Festival Kebudayaan Yogyakarta 2020 bisa diakses melalui website www.fkymulanira.com, Instagram | Twitter: @infofky, FB | Youtube: Festival Kebudayaan Yogyakarta. Sekretariat FKY 2020 : Museum Sonobudoyo Unit 1 Jl. Pangurakan No. 6 Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta 55122 atau melalui nomor 0812 3863 6196

You may also like...

%d bloggers like this: