Kwagon Jadi Desa Jazz Semalam

JogJAZZ_jogjatoday_0 2

Sleman – Jazz menjadi musik ekslusif yang hanya bisa dinikmati dan dimainkan pada lokasi tertentu? Ah, siapa bilang. Nyatanya di Jogja setiap tahun ada gelaran akbar musik jazz di desa tuh..Apa lagi kalau bukan Ngayogjazzkarta. Bahkan tahun ini sudah menginjak pagelaran yang kesepuluh kalinya. Wow banget kan..

Kali ini yang ketempatan adalah Padukuhan Kwagon, Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman. Sebuah dusun di sebelah barat Kota Yogya yang asri dan dikenal sebagai ‘Desa Genteng” karena memang potensi unggulan di Dusun Kwagon adalah sebagai sentra industri genteng dan bata merah.

Sukirman, Kepala Dukuh Kwagon mengaku sangat senang dan bangga atas terpilihnya Dukuh Kwagon sebagai tempat perhelatan akbar musik jazz terbesar ini. Ia bersama segenap warganya menyatakan siap menyambut para tamu, baik musisi yang mengisi acara atau penonton yang akan berkunjung ke desanya.

Namun ia belum bisa memastikan apakah warganya akan mewakilkan sebuah kelompok musik dalam acara tersebut. “Belum pasti, tapi yang jelas sebagai tuan rumah kami akan mendukung dan membantu agar acara ini lancar. Dari warga Kwagon sendiri akan memeriahkan pembukaan dengan kesenian tradisional Bergada Kwagon dan kirab ogoh-ogoh,” papar Sukirman.

Ngayogjazz tahun ini akan dimulai Sabtu, 19 November 2016 yang akan diisi oleh kelompok musik jazz nasional, seperti Fariz RM&Friends, Monita Tahalea, Tohpati, Shadow Puppets& Harvey Malaihollo, kolaborasi Arupadhatu Jazz juga masih banyak penampil lainnya. (jogjatoday)

naskah: Einsteinia

editor: rovitavare

photo by Rovitavare

You may also like...