KECAMATAN MERGANGSAN PENAMPIL TERBAIK PERTAMA WAYANG JOGJA NIGHT CARNIVAL 2019

Jogjatoday – Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta, berhasil meraih penghargaan sebagai Penampil Terbaik I (pertama), pada pawai Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2019, yang di selenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta pada 7 Oktober lalu, di sekitar Tugu Pal Putih Yogyakarta.

WJNC 2019 yang diadakan dalam rangka Ulangtahun Kota Yogyakarta ke 263 (dua ratus enam puluh tiga) ini, membawa Mergangsan sebagai Peserta terbaik, mengungguli 13 (tiga belas) Peserta lain. Mergangsan yang menampilkan wayang Kapi Trewilun atau wayang perpaduan kera dan kelinci ini, berhak mendapat trophy dan piagam serta uang Pembinaan sebesar 20 (dua puluh) juta Rupiah. Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, S.Sos, MM, pada 14 Oktober lalu di kantornya , Jalan Suroto 11 Yogyakarta.

Pada kesempatan yang sama juga disampaikan Penampil Terbaik II (kedua) yang diraih oleh Kecamatan Tegalrejo, Penampil Terbaik III (ketiga), Kecamatan Mantrijeron dan Penampil Favorit, Kecamatan Gedongtengen. Masing-masing mendapatkan piagam, trophy dan uang Pembinaan sebesar 15 (lima belas) juta Rupiah, 10 (sepuluh) juta Rupiah, 8 (delapan) juta Rupiah.

Selain Penampil Terbaik WJNC 2019, juga dipilih Sutradara Terbaik I (pertama), II (kedua) dan III (ketiga). Masing-masing diraih oleh Baroto,SH; CH. Heru Kuswanto; Haryo Teguh Damar Wiyoso. Mereka mendapatkan piagam dan uang Pembinaan sebesar 3 (tiga) juta Rupiah, 2,5 (dua setengah) juta Rupiah dan 1,5 (satu setengah) juta Rupiah.

Seperti diketahui bahwa WJNC ke 4 (empat) 2019 diikuti 14 (empat belas) Kecamatan di Kota Yogyakarta, dengan tema Ringgit Wanara Kagungan Dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Wayang Kapi-kapi Kraton Yogyakarta. Setiap Kecamatan menampilkan Kapi, yang berbeda.

Seperti Wirobrajan menampilkan Kapi Kingkin, perpaduan kera dan kepiting; Mantrijeron Kapi Harimau, perpaduan kera dan harimau; Gondomanan Kapi Wraha, perpaduan kera dan babi hutan, Pakualaman Kapi Warjita, perpaduan kera dan cacing; Umbulharjo Kapi Jaya Anala, kera berambut api;

Gedongtengen Kapi Satabali, perpaduan kera dan ayam; Ngampilan Kapi Liman Dhesti, perpaduan kera dan gajah; Kraton Kapi Premujabahu, kera pencari pusaka; Tegalrejo Kapi Sembawa, perpaduan kera dan singa,

Kotagede Kapi Cucak Rawun, perpaduan kera dan burung; Gondokusuman Kapi Endrajanu, perpaduan kera dan kerbau; Danurejan Kapi Widagsi, perpaduan kera dan badak; Jetis Kapi Jaya Arina, perpaduan kera dan kijang. Mergangsan Kapi Trewilun perpaduan kera dan kelinci.

Dalam proses produksi Kecamatan didampingi Tim Kreatif, antara lain KPH Notonegoro, RM. Kristiadi,S.Sn., Ali Nursotya Nugraha, M.Sn., Anon Suneko,M.Sn., Emerentiana Tri Ikhtiarningsih,S.Pd., Agung Tri Yulianto,S.Sn dan Hermawan Sinung Nugroho, S.Sn.

Sementara penampilan Peserta pawai WJNC 2019 dinilai oleh Tim Juri, yang terdiri Seniman, Akademisi, Jurnalis dan Praktisi Pariwisata. Rute pawai dari jalan Jendral Sudirman sampai jalan Margo Utomo, melewati Tugu Pal Putih… < Teks oleh Norwind N Winursito dan Foto oleh Gilang Braja >

You may also like...