FASHION ON THE STREET DI TITIK NOL JOGJA, BERTEMA LINGKUNGAN

Jogjatoday – Dunia fashion, sudah mulai peduli dengan lingkungan, sehingga karya-karya Desainer yang ditampilkan mencerminkan kepedulian terhadap lingkungan. Demikian disampaikan Lia Mustafa (Lia M), Penggagas Fashion on the Street (FoS), pada saat Jumpa Pers, usai acara FoS di kawasan Titik Nol Jogja, Jumat sore lalu.

Lia Mustafa yang juga sebagai Desainer fashion,menyampaikan bahwa FoS menampilkan karya 8 (delapan) Disainer, antara lain Lanny, Aini, Uli, Ayu, Hermana, Fariz, Tulin, Amalee (Lia M) dengan 60 (enam puluh) outfit, yang diperagakan oleh 22 (dua puluh dua) orang Model.

Selanjutnya Lia M, yang juga merupakan aktivis Lingkungan, mengungkapkan bahwa FoS kali ini, bertema Eco Fashion, Recycle, Reuse, Zero Waste, untuk menunjang Sustainable Fashion atau fashion yang berkelanjutan. Seperti yang tercermin dalam karya Amalee yang berjudul Ammalee Knitwear, menggunakan bahan lurik dan shibori dan rajut, dengan tema Zero Waste.

Karya Fariz, yang bertema Zero Waste, yang diberi judul Backet Invashion (Bag and Jacket), berbahan katun dan denim; karya Aini, yang bertema Recycle dan Reuse, berbahan jeans, katun dan brocade, diberi judul Re-Weiss;karya Ayu, dengan tema reduce, reused dan recycle, diberi judul Beautiul Disaster, dengan bahan katun, linen, kanvas, organza, serat nanas, denim dan shibori; dan karya Disainer yan lain.

Lia M yang juga Ketua IFC (Indonesian Fashiom Chamber), menjelaskan tujuan dari FoS antara lain, sebagai media informasi masyarakat bahwa dunia fashion juga mempunyai kepedulian terhadap lingkungan dan bahan-bahan lokal, seperti karya-karya Disainer yang ditampilkan. Sehingga masyarakat bisa melakukan hal yang sama (Reuse, Reduce dan Recycle) untuk mendapatkan baju/ pakaian yang baru. Secara rinci Lia M menyampaikan bahwa tidak harus membeli baju baru untuk mengikuti Trend Fashion.

FoS kali ini tidak seperti biasanya, karena tidak diadakan di kawasan Prawirotaman, tempat pertama kali FoS diadakan. Koreografer oleh Ajik Klamb, Make Up Artist dan Hair Do oleh LKP Cendana Wangi.

FoS dibuka dengan Flashmob dari Komunitas Bala Mahardhika Jogja yang diikuti oleh beberapa komunitas di Yogyakarta dan masyarakat… (Norwind N Winursito)

You may also like...